pengertian RAM dan SOCKET

·



Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa RAM kependekan dari Random Access Memory (terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah Memori Akses Acak). RAM merupakan perangkat keras berupa memori fisik yang berfungsi untuk menyimpan program atau data yang sifatnya sementara, yaitu ketika komputer sedang bekerja (sedang aktif, sedang dialiri daya atau sedang ‘hidup’). Bila komputer tersebut ‘mati’ (atau ‘dimatikan’), seluruh program dan data yang tersimpan di dalam RAM hilang dengan sedirinya. Oleh karena itu, sebelum ‘mematikan’ komputer, data-data yang dianggap penting yang masih tersimpan di RAM, sebaiknya disimpan ke harddisk, flashdisk, CD atau media penyimpan data lainnya yang sifatnya permanen, agar data tersebut pada lain waktu dapat dibuka kembali saat diperlukan.

Dalam sebuah komputer, RAM biasanya digunakan sebagai media penyimpanan primer atau memori utama yang isinya (data/informasi/program yang tersimpan di dalamnya) dapat diubah secara aktif. Itulah sebabnya istilah RAM kadang-kadang disebut juga dengan nama memori utama.
Memori fisik ini disebut Random Access (Akses Acak) karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Hal inilah yang mengakibatkan isi RAM baik berupa data ataupun program dapat diakses dengan cepat tanpa memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Kondisi ini berlawanan dengan alat memori urut seperti misalnya tape magnetik dimana gerakan mekanikal dari media penyimpan data mengharuskan komputer mengakses data secara berurutan, sehingga proses mengakses data menjadi lamban. RAM ini bersifat dinamis, dan memang lebih tepat disebut dengan nama DRAM (Dynamic RAM = Dynamic Random Access Memory = Memori Akses Acak Dinamik ).
Sebenarnya, RAM dikenal pertama kali sekitar pada tahun 1960-an. Pada saat itu, memori utama yang umum digunakan adalah memori utama magnetik. Memori utama jenis semikonduktor masih belum populer karena harganya masih tergolong sangat mahal.
Sampai sekarang telah dikenal beberapa tipe umum RAM, antara lain SRAM, DRAM, dan NV-RAM.


Pengertian soket
Soket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.
Istilah soket (nama lengkapnya adalah soket CPU atau soket prosesor) telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan motherboard dengan prosesor, khususnya untuk tipe komputer desktop dan server. Prosesor yang dimaksud di sini terutama prosesor berarsitektur Intel x86.
Banyak sekali ditemukan soket-soket pada motherboard yang diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Seperti telah disinggung di atas, pada soket tersebut banyak lubang-lubang tempat tertancapnya (diselipkannya) pin-pin atau kaki-kaki prosesor yang terletak di sisi bawah permukaan prosesor. Contoh soket yang menggunakan arsitektur ini adalah soket 370 (untuk dudukan prosesor Intel Pentium 3), socket 423 dan socket 478 (untuk dudukan prosesor Intel Pentium 4).
Socket 370 berarti dudukan prosesor tersebut memiliki 370 lubang. Dengan sendirinya socket tersebut untuk dudukan prosesor yang jumlah kaki atau pin-pin-nya sebanyak 370 pin. Prosesor jenis ini biasanya prosesor Intel Pentium 3. Begitu juga pengertian untuk socket 423 dan socket 478.
Selain tipe PGA terdapat pula tipe lainnya, misalnya LGA (Land Grid Array). Pada tipe LGA, pin-pinnya tidak terdapat pada prosesor, tetapi terdapat pada soket. Jika pada arsitektur PGA, pin-pinnya terletak pada prosesor, maka pada LGA, pin-pinnya ada pada soket. Pin-pin ini yang kontak langsung dengan sisi bawah/dasar prosesor tipe LGA.
Dudukan prosesor pada motherboard tidak selalu berbentuk soket, ada pula yang berbentuk slot, atau dapat dikatakan dudukan berbasis slot (memang bentuknya lebih mirip slot ekspansi dari pada soket). Prosesornya sendiri dikemas menggunakan dudukan berbentuk slot yang disebut single edge connection. Dudukan berarsitektur slot ini, banyak digunakan pada prosesor Pentium 2 dan Pentium 3.
Selain jenis socket-socket tersebut, masih ada lagi jenis socket yang lain, yaitu socket A (untuk prosesor AMD dengan jumlah pin 462), Socket AM2 (untuk prosesor AMD dengan jumlah pin 940), dan masih banyak lagi yang tak akan disebutkan di sini, karena pada dasarnya pengertiannya adalah sama (analogis).



Get paid To Promote at any Location

Pengikut

Related Websites

My Banner

ThitoE

SEO Start

Powered by  MyPagerank.Net Check Google Page Rank The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku
International Link Exchange Technology Blogs - Blog Rankings Technology Blogs Blogs Topsites - TOP.ORG Technology Top Blogs Technology blogs Add to favourite links
Counter Powered by  RedCounter

Recent Posts