"INSTALLASI WINDOWS XP SERVICE PACK 1"

·

"INSTALLASI WINDOWS XP SERVICE PACK 1"

Sebelum kita melakukan proses instal kita harus tau spesifikasi minimum komputer untuk Windows XP SP 1 adalah :
1. RAM 128 MB
2. Space HDD 3 GB
3. VGA 32 MB
4. Processor 400  
Adapun langkah-langkahnya seperti berikut :
1. Hidupkan komputer dan pada awal booting, masuklah ke BIOS dengan menekan tombol Delete atau tombol yang lain tergantung dari jenis BIOS-nya.
2. Masuk kemenu BOOT lalu tekan tombol Enter atur boot sequence (urutan booting) pertama kali lewat CD-ROM cara mengubahnya adalah dengan menekan tombol Plus (+) atau tombol min (-).
3. Kemudian simpan dan keluar dari BIOS dengan menekan tombol F10 dan tekan tombol Enter untuk menyetujui seperti gambar 2 berikut:



4. Komputer akan me-restart, masukkan CD install yang telah dipersiapkan dan komputer akan melakukan booting lewat CD, tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan “press any key to boot from CD ROOM” pada layar DOS lalu tekan sembarang. tombol tunggu beberapa saat, maka akan muncul menu Windows setup seperti gambar berikut:
 


5. setelah itu akan muncul menu Windows XP Professional setup


6. Setelah itu tekan tombol Enter untuk melanjut, maka akan muncul Windows XP licence agreement, tekan tombol F8 untuk menyetujui lisensi seperti gambar berikut:


7. Maka akan muncul tampilan besarnya kapasitas harddisk kita, pada posisi/layar ini kita dapat membuat partisi dengan menekan tombol C, menginstal dengan menekan tombol Enter dan menghapus partisi dengan menekan tombol D. seperti gambar berikut:







 8.  Membuat partisi
a)  untuk harddisk yang sudah terpakai dan pernah di partisi, sebelum membuat partisi baru kita harus menghapus partisi yang lama dengan menekan tombol D lalu Enter selanjutnya tekan tombol L, setelah itu kita dapat membuat partisi yang baru dengan menekan tombol C;

b)  untuk harddisk yang masih baru kita langsung dapat membuat partisi dengan menekan tombol C dan akan muncul gambar seperti berikut:




c)  setelah itu kita masukkan nilai/kapasitas harddisk untuk partisi C, misalnya setengah dari kapasitas harddisk kita (misalnya 8000 dalam satuan Megabyte), setelah itu tekan tombol Enter untuk menyetujui, lalu akan muncul layar/tampilan seperti gambar berikut:




d)  Kemudian kita membuat partisi D, pada posisi layar seperti diatas kita langsung menekan tombol C, maka akan muncul tampilan gambar seperti berikut:




9. Setelah pembuatan partisi selesai, kita harus melakukan pemformatan pada salah satu partisi yang akan digunakan sebagai tempat sitem operasi (misalnya partisi c),setelah itu tekan Enter, maka akan muncul gambar berikut:




10. Pilih salah satu sistem pemformatan (file system), misalnya pilihan NTFS file system, lalu tekan tombol Enter, maka partisi c akan diformat seperti gambar berikut:




11. Setelah proses pemformatan selesai, maka komputer akan melakukan penyalinan file (Copying file) seperti gambar berikut:





12. Setelah penyalinan file (Copying file) selesai, maka komputer akan me-restart,seperti gambar berikut:





13. Setelah proses restart selesai, maka akan muncul tampilan Windows XP seperti gambar berikut




Langkah-langkah Instalasi Windows Xp Tahap kedua.
Setelah proses Instalasi pada bagian pertama, maka kita akan masuk ke dalam tahapan selanjutnya yaitu proses instalasi Windows Xp dan fishing Instalasi berikut.
1. Setelah proses Instal bagian pertama telah selesai dengan baik., maka kita akan dihadapkan pada tampilan sebagai berikut.




2. Selama proses instalasi Windows berlangsung, maka kita bisa menunggu sambil duduk-duduk santai. Pada menit yang ke-33 kita akan dihadapkan pada Regional and Language option maka kita tekan next saja.




3. Setelah kita menekan tombol next maka akan ditampilkan seperti dibawah ini, isilah Nama dan Organisasi sesuai dengan keinginan kita kemudian tekan next.




4. Setelah itu terdapat perintah untuk memasukkan product key dari Microsoft Xp Profesional, kemudian tekan next.




5. Kemudian muncul screen Computer Name and Administator Pasword, maka isilah Computer name sesuai dengan keinginan kita, untuk Administator password boleh diisi boleh juga tidak diisi, kemudian tekan next.




6. Muncul lagi screen Date and Time Setting, sesuaikan hari, tanggal, bulan, dan tahun sekarang, secara default biasanya untuk pengaturan Date & Time sudah sesuai dengan waktu kita menginstal, yang perlu kita cermati adalah pada Time Zone kita harus mengubahnya menjadi Bangkok, Hanoi, Jakarta karena kita tinggal di wilayah Indonesia. Apabila kita salah melakukan penyetingan pada bagian ini maka kita dapat mengubahnya setelah proses instalasi Windows Xp selesai, kita mengubahnya lewat Control Panel Windows Xp. Setelah semuanya diisi maka tekan next.




7. Proses Instalasi Windows Xp akan dilanjutkan.




8. Selanjutnya akan muncul Screen Networking setting, pilih typical Setting dan tekan next.




Pada beberapa computer ada juga yang Screen Networking Setting ini tidak muncul. Jika muncul screen seperti diatas maka kita langsung saja tekan Next...




9. Proses instlasi Windows Xp akan dilanjutkan dan kita dapat menunggunya dengan santai.




10. Proses insatalasi akan berjalan terus sampai pada menit yang ke-1 dan computer akan melakukan restart.




11. Setelah setup windows XP selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut:




12. Setelah itu muncul tampilan “Welcome to Microsoft Windows”,klik next, tungggu beberapa saat .




13. setelah itu muncul tampilan “Ready to register with microsoft”, pilih nomor 2 kemudian klik next, tunggu beberapa saat




14. Kemudian muncul tampilan pertanyaan “Who will use this computer?”, selanjutnya ketik nama pada lotak “Your name” , lalu klik next;




15. Akan muncul tampilan “Thank you”, lalu klik finish untuk mengakhiri instalasi dan me-reboot komputer.




16. Setelah komputer selesai me-reboot maka akan muncul tampilan “welcome”




17. Akan muncul layar desktop dan penginstallan Windows Xp sevice pack 1 telah selesai




Get paid To Promote at any Location

Pengikut

Related Websites

My Banner

ThitoE

SEO Start

Powered by  MyPagerank.Net Check Google Page Rank The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku
International Link Exchange Technology Blogs - Blog Rankings Technology Blogs Blogs Topsites - TOP.ORG Technology Top Blogs Technology blogs Add to favourite links
Counter Powered by  RedCounter

Recent Posts